Desa Wiradadi Gelar Workshop TIK untuk Pengentasan Kemiskinan

Pemerintah Desa Wiradadi menyelenggarakan Workshop Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pengentasan Kemiskinan, Jumat (23/12). Acara berlangsung di Balai Desa Wiradadi, Jalan Saliman No 1, Desa Wiradadi, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Workshop diikuti oleh unsur pemerintah desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan masyarakat.

Workshop menghadirkan narasumber Yossy Suparyo, warga Desa Wiradadi RT 10 RW 01 yang mempelopori dunia TIK Perdesaaan. Dia menjabat sebagai Direktur Gedhe Foundation dan anggota Pokja Masyarakat Sipil Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari dukungan Gedhe Foundation pada Pemerintah Desa Wiradadi berupa sistem informasi desa. Layanan online ini memiliki fasilitas pengelolaan kegiatan pembangunan, peraturan desa, pemberitaan, dan penjualan produk secara online (e-commerce). Dengan sistem ini, Pemerintah Desa Wiradadi berharap mampu menumbuhkan sektor wirausaha desa sehingga angka kemiskinan bisa dikurangi.

Bukan rahasia lagi, dukungan TIK untuk pengentasan kemiskinan mulai dirasakan manfaatnya. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang mencapai angka 132,7 juta menjadi faktor penentu (APJII: 2016). Praktik pemasaran online (e-commerce) sudah mendapat tempat di hati netizen. Ada 69,4% atau 92 juta pengguna memandang aman untuk bertransaksi online.

Data Menkominfo menunjukkan pada 2015, nilai transaksi e-commerce sudah mencapai angka US$ 3,56 miliar. Tren itu akan meningkat pada 2016, nilai transaksi e-commerce akan mencapai angka US$ 4,89 miliar atau sekitar lebih dari Rp 68 triliun.

APJII juga melaporkan bahwa ada tiga produk yang banyak dibeli online secara berurutan adalah tiket, yakni 25,7% atau dibeli oleh 34,1 juta pengguna, kebutuhan rumah tangga sebanyak 22,2% atau dibeli oleh 29,4 juta pengguna dan pakaian sebanyak 3,6% atau dibeli oleh 4,7 juta pengguna.

Peluang ini ingin diambil oleh Pemerintah Desa Wiradadi untuk program pengentasan kemiskinan tingkat desa. Ke depan, para pelaku ekonomi di desa akan dilatih untuk memasarkan produk dan jasa mereka secara online.

Kini, dinamika warga Desa Wiradadi sudah dapat diakses melalui http://wiradadi.desa.id. Ada laporan pembangunan, program desa wisata, dan produk-produk warga.

admin

Admin Desa Membangun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *