DesaMart: Kuatkan Jaringan Pasar Produk Desa

konsep desamart

DesaMart lahir dari pegiat Desa Membangun asal Sidareja, Akhmad Fadli. Konsepnya sederhana, desa-desa perlu membangun kerjasama agar tercipta jaringan gerai dagang di desa. Jaringan gerai dagang itu memiliki sistem pengelolaan stok, penjualan, pengadaan, laporan hingga desain visual yang sama.

Konsep ini sudah maujud dalam jaringan toko waralaba yang banyak tersebar di pelosok tanah air. DesaMart menggabungkan konsep pasar customer good dan produk desa dalam satu gerai sehingga memiliki nilai kompetitif yang tinggi. Jaringan DesaMart dapat dimulai dengan kesepakatan kerjasama antardesa maupun sebagai salahsatu aktivitas bisnis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Mengapa DesaMart perlu segera diwujudkan? Salah satu permasalahan laten di desa adalah sulitnya menembus pasar untuk menjual produk-produk yang dikembangkan warga. Setiap desa memiliki sejumlah produk yang dibikin oleh warga, mulai dari produk olahan pangan, kerajinan, makanan ringan, pakaian, maupun furniture.

Andai, pada periode awal, jaringan kerja DesaMart ada di 100 desa dan setiap desa memiliki 5 produk unggulan, maka sudah ada 500 produk yang dapat dipajang dalam gerai DesaMart. Keberadaan DesaMart akan menggairahkan iklim produksi di wilayah perdesaan karena setiap pelaku produksi sudah memiliki 100 gerai yang akan menampung produk mereka.

Selain pemasaran produk desa, jaringan DesaMart dapat juga menjual produk-produk manufaktur yang memiliki kualifikasi yang baik. Di bidang produk pangan misalnya, kita dapat menyeleksi produk yang akan kita jual agar pembeli mendapatkan produk yang sehat dan menyehatkan. Hal ini akan membantu citra DesaMart sebagai pasar produk berkualitas.

Manajemen DesaMart akan memberikan dukungan sistem pengelolaan gerai dan pengembangan sumberdaya manusia. Kesenjangan mutu dan pelayanan antargerai dapat ditekan karena dibangun melalui sistem yang sama. Strategi seperti ini sudah diterapkan pada jaringan toko waralaba modern dan menjadi kunci survival dan kemajuan bisnis mereka.

Aplikasi untuk DesaMart tengah disiapkan oleh para pendukung Gerakan Desa Membangun (GDM). Mereka menyiapkan aplikasi berbasis FOSS supaya desa-desa dapat menggunakannya secara mudah.

Siapa yang tertarik atas gagasan ini bisa mengirimkan nomer kontak ke 081328933355 supaya masuk dalam WA Group ruang diskusi yang lebih detail.

admin

Admin Desa Membangun

3 Replies to “DesaMart: Kuatkan Jaringan Pasar Produk Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *