Ekspo Ajibarang Membawa Keberkahan

Helatan Ekso Ajibarang sudah usai seminggu lalu (18/2). Saat malam penutupan, panggung hiburan penuh sesak penonton. Sorak sorai pemenang menyebarkan aura kegembiraan dan hilir-mudik pengunjung di depan stan, menjadi pemandangan batin yang luar biasa. Ajibarang sedang bergembira. Kegembiraan ini didukung cuaca cerah, tanpa hujan.

Lapangan depan Balai Desa Ajibarang Kulon disulap menjadi area parkir. Petugas linmas sibuk mengatur lalu lintas karena kawasan Kecamatan Ajibarang menjadi lautan manusia. Mereka berbondong-bondong menuju satu titik, yaitu Ekspo Ajibarang.

Ekspo Ajibarang merupakan kado dari Kecamatan Ajibarang untuk Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-446. Panitia bercerita ada sekitar 75 stan. Pengisi stan dari beragam stakeholder di Kecamatan Ajibarang, seperti sekolah, desa, karang taruna, pelaku UMKM, dan instansi lain di Kecamatan Ajibarang.

Ekspo Ajibarang dibuka oleh Bupati Banyumas pada Kamis (16/2). Panitia menyelenggarakan sejumlah perlombaan, seperti paduan suara PKK dan Karangtaruna, kentongan, perlombaan antarsekolah, dan sebagainya.

Slamet Riyadi, salah satu peserta pameran menceritakan Ekspo Ajibarang ini membawa berkah. Pertama, Kecamatan Ajibarang sudah lama tidak menyelenggarakan ekspo. Dia sangat antusias dengan kegiatan ini. Kedua, ekspo merupakan ruang kesempatan untuk mengenalkan produk sablon yang tengah dia geluti.

Slamet dan Komunitas Sablon (K-Sab) memberikan layanan cetak-mencetak. Menurut Slamet, cetak kaos dan mug foto banyak diminati pengunjung.

“Untuk ekspo kali ini kami memberikan diskon harga,” ujarnya.

Kemeriahan juga ada di stand SMPN 1 Ajibarang. Mereka menawarkan suguhan ilmu. Pengunjung bisa mengecek kesuburan tanah dengan cek PH. Selain itu, beberapa hasil karya siswa juga dipanjang dan dipromosikan.

“Silakan mampir, gratis, kami tidak jualan,” ajak duta stan SMPN 1 Ajibarang.

Desa Ajibarang Kulon memanen kebahagiaan. Mereka meraih sejumlah kejuaraan, seperti Juara 1 Paduan Suara PKK, Juara 2 Paduan Suara Karangtaruna, Juara 1 Stand Terbaik, dan Juara 2 Lomba Kentongan.

Abdul Aziz, panitia Ekspo Ajibarang mengungkapkan rasa syukurnya. Menurutnya, dia patut bersyukur karena kegiatan yang baru pertama dilaksanakan berjalan dengan aman.

“Terima kasih kepada seluruh desa yang berpartisipasi aktif dengan menata stan dan menampilkan produk unggulannya. Terima kasih juga kepada Camat Ajibarang, Eko Heru Surono atas ide dan motivasi yang cemerlang ini,” tuturnya.

4 Replies to “Ekspo Ajibarang Membawa Keberkahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *