GDM dan Pemdes Dermaji Gelar Sarasehan Desa Membangun

Dokumentasi Lokakarya Desa Membangun III di Desa Dermaji

Gerakan Desa Membangun (GDM) bekerjasama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Dermaji Lumbir Banyumas akan menyelenggarakan Saresehan Desa Membangun pada Minggu (27/4/2014). Sarasehan berlangsung di Kantor Desa Dermaji, di Jalan Raya Dermaji, mulai pukul 09.00. Kegiatan saresehan bertujuan untuk mendorong kesiapan desa-desa di Banyumas dan Cilacap dalam melaksanakan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Pada awal Januari 2014, UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa resmi diundangkan dalam lembaran negara. Untuk pelaksanaan UU Desa, pemerintah lewat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tengah menyiapkan Peraturan Pemerintah pendukungnya.

“Kegiatan untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa sangat penting, baik dalam perencanaan pembangunan, tata kelola sumberdaya, maupun inventarisasi aset desa” jelas Bayu Setyo Nugroho, Kepala Desa Dermaji sekaligus pelopor GDM.

Bayu menambahkan kegiatan saresehan juga berupaya untuk merumuskan semacam “ideologi pembangunan desa” yaitu bentuk pembangunan yang berkarakter kerakyatan serta berakar pada kearifan lokal dan tradisional.

UU Nomor 6 Tahun 2014 memberikan kewenangan cukup besar pada desa untuk mengatur tata kelola desa. Untuk itu, desa-desa perlu mempersiapkan diri sehingga kewenangan itu dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Saresehan akan diikuti oleh 300 orang yang berasal dari unsur pemerintah desa, pelaku pembangunan desa, serta masyarakat Desa Dermaji. Budiman Sudjatmiko, anggota DPR RI Komisi II yang juga Mantan Wakil Ketua Pansus RUU Desa akan hadir sebagai narasumber utama (keynote speaker).

8 Replies to “GDM dan Pemdes Dermaji Gelar Sarasehan Desa Membangun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *