GDM Sebarkan Kemandirian Desa di FesTIK Sinjai

Gerakan Desa Membangun (GDM) akan menggelar workshop bersama desa-desa di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan untuk memeriahkan Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi (FesTIK Sinjai). Workshop akan dilaksanakan pada 24 Agustus 2013 di Balai Pertemuan Kabupaten Sinjai.

Yossy Suparyo, Juru Bicara GDM, menjadi fasilitator acara. Puluhan kepala desa antusias mengikuti acara itu. Menurut Bang Yos, sebutan akrab Yossy Suparyo, desa harus mengambil terobosan kreatif untuk bangkit dari keterpurukan. Untuk mengangkat harkat dan martabat desa, pemerintah desa dan masyarakat desa harus menunjukkan kinerja dan prestasi yang baik.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di dunia perdesaan akan mendukung cara kerja pemerintahan desa makin efektif dan efisien. Desa akan memiliki data yang akurat dan up to date sehingga perencanaan pembangunan lebih tepat sasaran dan akuntabel. Selain itu, desa bisa mempromosikan dan memasarkan produk unggulan desa melalui internet.

Pada acara itu, desa-desa di Kabupaten Sinjai melakukan konferensi video dengan Wakil Ketua Pansus RUU Desa, Budiman Sudjatmiko, yang berada di Jakarta. Mereka menyampaikan aspirasinya mengenai draft RUU secara langsung. Pengalaman ini membuat desa-desa di Kabupaten Sinjai berharap pemanfaatan TIK di perdesaan akan membuat suara-suara dari desa bisa didengar di ruang publik.

2 Replies to “GDM Sebarkan Kemandirian Desa di FesTIK Sinjai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *