Ngopikere: Obrolan Cerdas ala Warga Desa


Para pegiat perdesaan akan menggelar perhelatan akbar bertajuk #ngopikere. Ngopikere akan berlangsung pada 10-12 Mei 2013 di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah. Ngopikere merupakan wadah untuk menfasilitasi obrolan cerdas warga desa di sejumlah daerah.

Selama kegiatan #ngopikere para warga membahas pelbagai isu yang berkembang di wilayah perdesaan, mulai dari strategi pengembangan ekonomi desa, tata kelola pemerintahan desa, dan mendorong isu pemberdayaan warga dengan wawasan lingkungan. Pelopor #ngopikere adalah Toto Sugiarto atau biasa dikenal dengan @gunungkelir seorang wirausahawan desa yang sukses mengembangkan peternakan kambing etawa di daerahnya.

Obrolan cerdas ala warga desa mutlak dilakukan untuk membangun pemahaman publik atas dunia perdesaan, terutama para pegiat online. Selama ini, para pegiat online acapkali memandang desa secara stereotip akibat minimnya pengetahuan dan bahan bacaan tentang desa. Selama Ngopikere berlangsung para peserta akan berbagi informasi tentang kondisi desa, tak terkecuali perihal kebijakan yang mengatur tentang desa.

Gerakan Desa Membangun (GDM) menjadi bagian pendukung acara #ngopikere untuk berbagi inisiatif penerapan teknologi informasi dan komunikasi di dunia perdesaan. Banyak kalangan mengapresiasi kegiatan GDM dalam membangun layanan publik yang prima. Selain itu, GDM sukses mengajukan kebijakan domain desa.id untuk menandai website-website yang dikelola oleh desa-desa di Indonesia.

Dalam acara #ngopikere GDM akan membuka Klinik TIK Perdesaan yang melayani obrolan tentang penerapan teknologi informasi berbasis open source, strategi penyelenggaraan layanan publik yang prima, sistem pengelolaan sumberdaya desa, dan tips mempromosikan potensi ekonomi desa melalui internet.

Bagi desa-desa yang ingin bergabung dalam #ngopikere cukup siapkan dana untuk mencapai lokasi acara. Seluruh akomodasi dan konsumsi acara telah disediakan oleh warga Desa Donorejo secara cuma-cuma. Sebaiknya, Anda menyiapkan makanan, minuman, maupun oleh-oleh lainnya untuk pertukaran dan mewarnai acara meramaikan #ngopikere.

Semangat yang mendasari #ngopikere adalah menegaskan jati diri desa. Saatnya warga desa mengambil peran untuk mengembangkan diri, bukan sekadar menunggu program-program yang mengatasnamakan pemberdayaan dari pihak lain.

10 Replies to “Ngopikere: Obrolan Cerdas ala Warga Desa

  1. Acara semacam ini patut didukung dan bagus juga diadakan secara periodik. Desa harus bisa mandiri. Banyak sumber daya di desa yang bisa dioptimalkan untuk menyejahterakan warganya tanpa harus tergantung pemerintah pusat. 😉

    Salam persahablogan,
    @wkf2010

    1. agendakan datang kang, perlu undangan untuk surat tugas apa? ngumpul-ngumpul persiapan kejutan bulan juli…. ada oleh2 khusus utk sang pencetus GDM loh

  2. Sebagai orang di kampung Jakarta, saya tertarik untuk hadir… Bolehkah ?
    Sangat menarik….
    Syukron katsiron sebelumnya….

  3. Waktu pelaksanaannya kapan saya sangat tertarik untuk mengikuti acara tsb dan kini sudah saat wong ndeso bangkit, masih banyak potensi yang desa yang belum tergali kalau bukan kita-kita anak desa siapa lagi yang mau membangun desa.

  4. walau tak bisa hadir karena kondisi kesehatan terganggu, saya sangat mendukung kegiatan ini
    semoga kedepannya tetap dilestarikan event2 seperti ini
    #salamhangatdariPetemon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *