Program 1000 Web Desa Gratis

Peluncuran Program 1000 Web Desa Gratis di Desa Melung, Banyumas

Apa itu Program 1.000 web desa gratis?
Program untuk membantu desa-desa untuk memiliki website secara gratis sehingga desa mampu menunjukkan kinerja pemerintahan desa dan mempromosikan potensi dan produk unggulannya pada publik.

Siapa penggagas Program ini?
Program ini digagas oleh Gerakan Desa Membangun (GDM) bekerjasama dengan sejumlah organisasi pemerintah dan nonpemerintah.

Apa tujuan program 1.000 website desa gratis?
Program ini merupakan strategi untuk mengarusutamakan isu-isu perdesaan di ruang publik. Jumlah desa di Indonesia lebih dari 72 ribu, tetapi kemampuan desa dalam mempengaruhi kebijakan publik sangat rendah. Produk dan potensi di desa juga sangat banyak dan beragam, namun hal itu belum mampu dimaksimalkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Program ini juga menjadi terobosan untuk mengurangi kesenjangan informasi di desa.

Bagaimana prosedur desa mengajukan domain desa.id?
Desa yang mengajukan permohonan domain desa.id mengacu pada prosedur dan tata cara yang ditetapkan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Untuk mengajukan domain DESA.ID maka desa mempersiapkan:

  1. Scan Kartu Identitas (KTP/SIM) dan
  2. Scan Surat permohonan yang ditandatangani oleh Kepala Desa/Sekretaris Desa.

Setelah itu kirimkan melalui Layanan Website Desa http://desa.web.id

Bagaimana Prosedur Aplikasi dan waktu yang Dibutuhkan?
Bagi desa yang mengajukan aplikasi atau permohonan dalam program 1.000 web desa gratis, kami akan memberikan standar pelayanan sebagai berikut:

  1. Verifikasi Pengajuan Permohonan DESA.ID : 1 hari
  2. Pengajuan Permohonan DESA.ID oleh Registrar PANDI : 2 hari
  3. Pembuatan Website Desa : 3 hari
  4. Penyerahan Administrator dan Modul : 1 hari

Bagaimana kelanjutan program?
Penggratisan biaya untuk domain desa.id hanya untuk tahun pertama, selanjutnya desa membayar biaya penggunaan domain desa.id dan hosting sesuai dengan prosedur normal, yaitu:
Pembayaran Domain Desa.ID = Rp 60.000,- per tahun
Sewa Hosting dan Maintenance:
A. Paket 500 MB = Rp 30.000,- per bulan
B. Paket 1 GB = Rp 50.000,- per bulan

Durasi Program
Program 1000 Web Desa Gratis Periode II berlaku pada 2 Februari 2014 hingga 30 September 2014

Desa mana yang sudah mengakses program ini?
Daftar Desa yang sudah memiliki website desa dapat dilihat pada halaman ini

Siapa narahubung program ini?
Program Layanan Website Desa
Soepriyanto
Phone: +85220220633
Website: http://desa.web.id
Twitter: @Desa_ID

43 Replies to “Program 1000 Web Desa Gratis

  1. Permohonan domain desa.id untuk desa Tenjolayar yang sudah mendaftar di kegiatan Rembug Desa di Bogor bagaimana? Apa harus mengirim ulang data via email ????

  2. Aku hanya warga desa,, tapi ingin sekali menampilkan potensi desaku.. apakah bisa?
    bgmn caranya meyakinkan kepala desa bahwa web desa itu penting dan amat berguna…

  3. kami sangat tertarik untuk membuat wb desa.id, tetapi berhubung di desa kami belum ada yang paham IT, bisakah dibimbing kami dalam membuat web desa.id? makasih

  4. Kami sangat tertarik dengan kegiatan festifal domain rakyat yg diselenggarakan desa membangun bersama pandi…………sebagai tindak lanjut itu saya mengajukan domain…desa.id dan sch. id untuk desa saya ngelang kartoharjo dan sekolah saya smp negeri 1 maospati magetan….mohon konfirmasi bagaimana tidak lanjut untuk aktivasi domain yang kami ajukan. permohonan pengajuan beserta persyaratan sudah saya sampaikan kepada Bapak yosef dari relawan TIK Madiun. Mohon Tanggapan, dari desa membangun atau dari pandi.

  5. trimaksih,desa saya sudah masuk dalam daftar desa yang sudah memiliki domain desa.id.namun sampai saat ini kami belum mendapatkan tindaklanjut masalah ini.mohon pencerahan,trimaksih

  6. salam kenal,idenya sangat bagus dan saya terinspirasi
    kebetulan saya telah membuat 2 web untuk desa di kabupaten tasikmalaya
    barumekar.desa.id sudah hampir habis dan perlu di perpanjang
    sukaluyutasik.desa.id baru launching
    kalau boleh tau script web nya opensource dan boleh diminta gak ya?
    karna saya liat data dari web nya lebih lengkap dari yang saya buat seadanya

  7. Desa kami ingin maju yang paling depan di Wilayah Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang, dan mau ancang-ancang mengikuti zaman yang serba canggih. Kalau bisa mohon ada sosialisasi ke tiap-tiap Desa.

  8. saya warga desa ..inggal di wilayah kec.margasari berdekatan dengan kec balapulang dan kec.pagerbarang kab.tegal..saya tertarik menginformasikan pembagunan desa..serta ingin turut menyebarkan domain ini..sehingga desa desa di wilayah kami bisa terakses informasinya…bagaimana cara nya dan apa bisa bergabung trims

  9. Siapa penggagas Program ini?
    Program ini digagas oleh Gerakan Desa Membangun (GDM) bekerjasama dengan sejumlah organisasi pemerintah dan nonpemerintah.
    pemerintah itu siapa?
    non pemerintah itu siapa?
    mohon dengan jelas!

  10. Banyak web desa yang sudah dibuat namun sayang,web pada ngga berkemabang karena pengelola web tidak melakukan optimasi web sehingga web yg udah dibuat tidak ada pengunjung dan apa yang di tampilkan jadi kurang maksimal

  11. Saya sangat mengapresiasi program ini, oleh karena itu perlu adanya sosialisasi dari berbagai pihak baik secara langsung maupun tidak langsung agar setiap desa memiliki web sebagai sarana informasi mengenai desanya masing. Sehubungan dgn hal tersebut sy mohon izin share info ini. Thanks.

  12. program ini masih berlaku tidak untuk saat ini. karena kami tertarik untuk memakai jasa tersebut demi memudahkan pelayanan masyarakat.
    mohon dijawab untuk admin. trmksh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *