Puluhan Desa Ikuti Rembug Inovasi Desa di Desa Bantaragung

Puluhan desa dari empat kabupaten, yaitu Majalengka, Ciamis, Indramayu, dan Banyumas, mengikuti Rembug Inovasi Desa di Bumi Perkemahan Awilega, Desa Bantaragung, Sindangwangi, Majalengka, Rabu (10/5). Kegiatan ini membahas beragam strategi yang diambil pemerintah desa dalam mengembangkan potensi desa, termasuk penyelesaian permasalahan di kawasan perdesaan.

Juru Bicara Gerakan Desa Membangun, Yossy Suparyo, berpendapat Rembug Inovasi Desa merupakan ruang bagi desa-desa untuk berbagi dan menyebarluaskan praktik berdesa. Lewat rembug ini, beragam pengetahuan dan pengalaman berdesa menjadi kekuatan bagi desa untuk menghadapi setiap peluang dan tantangan di wilayahnya.

“Rembug desa ini akan fokus untuk menggali, mendokumentasikan, sekaligus berbagi atas beragam inovasi yang telah diambil oleh pemerintah desa dalam penguatan kehidupan berdesa,” ujarnya.

Selama kegiatan, semua desa berbagi tentang siasat mereka menghadapi kebijakan supradesa yang saling bertabrakan, mengelola anggaran desa, strategi bernegosiasi dalam musyawarah desa, dan meningkatkan partisipasi masyarakat. Mereka sepakat untuk menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas, partisipasi, dan musyawarah dalam tata kelola desa.

“Desa selalu terlambat menerima pagu anggaran. Banyak hasil keputusan musyawarah desa di dropoleh camat akibat berbeda dengan skala prioritas anggaran desa,” jelas Masroni, Kepala Desa Kalensari, Widasari, Indramayu.

Rembug Inovasi diikuti oleh Tim Balilatfo Kementerian Desa PDTT, Pokja Desa Kementerian Desa PDTT, Camat Sindangwangi, Kepolisian Sektor Sindangwangi, Desa Tanjungsari, Desa Jayi, Desa Bantaragung, Desa Muktisari, Desa Loji, Desa Mekarsari, Desa Sukarajakulon, Desa Tenjolayar, Desa Girimukti (Majalengka); Desa Kalensari, Desa Widasari, Desa Ujungaris (Indramayu), Desa Ciherang, Desa Sukasari, Desa Banjaranyar, Desa Cikupa (Ciamis), Desa Wlaharwetan (Banyumas), dan sejumlah pendamping desa di Kabupaten Majalengka.

Rembug Inovasi Desa II akan diselenggarakan di Kabupaten Ciamis untuk mengkaji strategi meningkatkan produktivitas desa dan menumbuhkan para pelaku wirausaha desa.

“Insyaallah, Rembug Inovasi Desa selanjutnya diselenggarakan pada akhir Juli 2017. Kita kumpul lagi di bumi Priangan Timur,” lanjutnya.

admin

Admin Desa Membangun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *