Refleksi 3 tahun Desa.id: Saat Desa Mampu Melipat Dunia

Kita memasuki era baru, dunia sudah mampu kita lipat. Kita bisa mengetahui peristiwa di ribuan desa cukup dari handphone. Desa.id menjadi simbol perubahan baru tata kelola desa di era globalisasi. Desa yang tak mampu kelola informasi dianggap kolot, desa yang ogah transparan seperti fosil tua yang patut dimuseumkan.

Demikian provokasi Bayu Setyo Nugroho, Kepala Desa Dermaji dalam refleksi tiga tahun desa.id di Balai Desa Banjaranyar, Sokaraja, Banyumas, Sabtu (14/5). Baginya, pemanfaatan teknologi informasi di dunia pemerintahan desa telah membangun kultur baru. Tanpa disadari, budaya bekerja efektif, partisipatif, transparan, dan inovatif tertanam dalam diri aparatur pemerintah desa.

“Sejumlah pekerjaan bisa dilakukan dengan cepat. Koordinasi, rembugan, dan pengawasan setiap saat bisa dilakukan lewat telepon genggam ini,” jelas Bayu sembari menunjukkan telepon pintar buatan negeri Tiongkok.

Bayu menceritakan pengalaman Desa Dermaji selama mengelola website. Pada 2011, Desa Dermaji mempelopori Gerakan Desa Membangun (GDM) untuk membangun lingkar belajar antardesa. Puluhan desa di Banyumas ikut bergabung, mereka membangun tradisi belajar secara mandiri.

“Strategi ini mampu membuka mata para aparatur desa tentang pentingnya tata kelola sumberdaya desa yang baik,” lanjutnya.

Ruang dialog antardesa terus terbangun karena GDM memutuskan untuk memanfaatkan internet sebagai media komunikasi dan penyebaran informasi. Media ini mampu menjembati komunikasi antardesa meski jarak geografis mereka sangat jauh.

“Kita gunakan sosial media untuk berkomunikasi. Kita unggah beragam peristiwa dan potensi desa melalui website desa.”

Kini Desa Dermaji telah dikenal kalangan luas. Sejumlah kunjungan, mulai dari kementerian, pemerintah daerah, akademisi, pelajar, mahasiswa, dan desa, membuktikan reputasi desa semakin bagus. Bayu sendiri sering diundang sebagai narasumber dalam pelbagai workshop dan seminar yang membahas topik tentang desa.

admin

Admin Desa Membangun

3 Replies to “Refleksi 3 tahun Desa.id: Saat Desa Mampu Melipat Dunia

  1. Mantap kaaaang!! Kami jg uda beralih ke .desa.id juga, semoga dengan adanya domain desa indonesia tambah rame (maju) dengan perkembangan desa, Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *