Sidaurip Website Desa Pertama di Cilacap

Desa Sidaurip, Kecamatan Binangun mencatatkan diri sebagai desa pertama yang menggunakan website domain desa.id di Kabupaten Cilacap. Para pengguna internet bisa berkunjung ke Desa Sidaurip melalui http://sidaurip.desa.id. Keberadaan website desa akan menjadi media untuk menyebarluaskan informasi desa, terutama pelayanan publik, pariwisata, dan perekonomian warga.

Domain desa.id merupakan kebijakan baru dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) yang diluncurkan pada 1 Mei 2013. Sesuai dengan namanya, domain desa.id hanya dapat dipergunakan oleh desa. Untuk mendalami seluk-beluk dunia website, Pemerintah Desa Sidaurip bekerjasama dengan Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam NU) Cilacap dan Gerakan Desa Membangun (GDM) akan menyelenggarakan lokakarya sehari pada Selasa, 21 Mei 2013 di Balai Desa Sidaurip, di Jalan Lintas Selatan Binangun.

Acara lokakarya akan difasilitatori oleh Yossy Suparyo (Dewan Pakar GDM) dan Agung Budi Satrio (Kepala Desa Melung Banyumas). Ada tiga materi pokok yang akan dibahas dalam lokakarya, yaitu pembangun pelayanan publik yang prima di desa, pengelolaan website desa, dan pengelolaan informasi melalui situs jejaring sosial. Selama lokakarya itu pemerintah Desa Sidaurip akan belajar pada desa anggota GDM yang berhasil mengelola website.

Selain Desa Sidaurip, lokakarya juga akan diikuti oleh 30 desa dampingan Lakpesdam NU di Kabupaten Cilacap. Acara lokakarya juga akan didukung oleh Jaringan Radio Komunitas (JRK) Jawa Tengah, Blogger Cilacap, Blogger Banyumas, dan Komunitas Buruh Migran. Bagi desa atau komunitas lain yang tertarik mengikuti lokakarya di atas bisa langsung bergabung di lokasi acara.

Jadwal Tentatif Lokakarya Desa Membangun di Desa Sidaurip

09.00-09.30 Pembukaan
09.30-10.00 Perkenalan Peserta
10.00-11.00 Membangun Pemerintahan Desa yang Baik
A Budi Satrio, Kepala Desa Melung, Kedungbanteng, Banyumas
11.00-12.00 Diskusi Kelompok Terarah
Kelompok A: Yossy Suparyo
Kelompok B: Muhammad Ridlo S
12.00-13.00 Istirahat
13.00-15.00 Workshop Website Desa
– Pengenalan Domain Desa.Id
– Berbagi Pengalaman Pengelolaan Website Desa
Fasilitator: Yossy Suparyo
15.00-15.30 Ishoma
15.30-16.30 Pengenalan Sosial Media
Kelas A Blogger Banyumas
Kelas B Blogger Cilacap
16.30-17.00 Rencana Tindak Lanjut

One thought on “Sidaurip Website Desa Pertama di Cilacap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *