Pegiat Desa di Banyumas Rancang Layanan Satu Data Desa

Satu data (one data) mulai menjadi kebutuhan semua pihak untuk mengetahui dan menunjukkan kondisi desa secara holistik. Para pegiat desa di Banyumas, dipelopori oleh Gerakan Desa Membangun, Gedhe Foundation, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Banyumas, dan Komunitas Pecinta Data Science, menggagas terwujudnya layanan Satu Data Desa di kota satria ini.

Diskusi terbatas untuk merumuskan strategi untuk mengembangkan layanan Satu Data Desa telah berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu (28 Februari-1 Maret 2017) di Kantor Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Banyumas, di Kawasan Jalan Dokter Angka Purwokerto. Diskusi tersebut menghasilkan rencana kerja pengembangan Satu Data Desa hingga Agustus 2017.

Direktur Gedhe Foundation, Yossy Suparyo, mengaku gembira dengan kerja kolaboratif tersebut. Baginya, data merupakan bagian penting dari strategi mewujudkan desa yang mandiri dan berdaulat. Ketersediaan data yang cukup akan mendorong lahirnya pengambilan keputusan yang tepat.

“Semestinya keputusan publik didasarkan atas data yang akurat. Bila simpangan data terlalu besar menyebabkan pengambilan kebijakan jadi salah sasaran,” ujarnya.

Satu Data Desa di Banyumas akan dimulai dengan mengolah dan menampilkan kebijakan penganggaran desa. Dokumen APBDes akan diolah menjadi citra visual dan spasial sehingga memudahkan publik memahami pemanfaatan anggaran di desa. Pada antarmuka visualisasi data, publik dapat mengetahui besaran APBDes di setiap desa, sumber-sumber pendapatan desa, dan pos-pos pembelanjaan APBDes.

“Kita merencanakan layanan ini mampu menampilkan data agregasi dan data primer sekaligus. Publik bisa mengecek dan mengklarifikasi data tersebut secara interaktif. Para pegiat Pencinta Data Science akan membantu teknisnya,” lanjut Yossy.

Satu Data Desa menjadi bagian dari gagasan open data dan open governance yang mendasari berdirinya Gerakan Desa Membangun pada 2011. Program ini mendukung terwujudnya tata pemerintahan desa yang baik dan bersih.

admin

Admin Desa Membangun

2 thoughts on “Pegiat Desa di Banyumas Rancang Layanan Satu Data Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *