Crewdible Dilaporkan Menerima Pendanaan Seri A [DIPERBARUI]
Startup penyedia solusi pengadaan Crewdible dikabarkan menggalang dana baru. Berdasarkan data yang diberikan kepada regulator, putaran ini diikuti sejumlah investor antara lain Bukalapak (melalui perusahaan Sierra Ranger Pte. Ltd.), Ondine Capital, 500 Southeast Asia (sebelumnya 500 Durian) dan Aldi Haryopratomo sebagai angel investor.
Saat dihubungi, perwakilan perusahaan mengkonfirmasi informasi tentang dana segar yang diterima dan menyiratkan bahwa proses penggalangan dana telah selesai dan akan memberikan informasi resmi dalam waktu dekat.
Sebelumnya, Crewdible telah mengumpulkan $1,5 juta dalam pendanaan pra-seri A yang diumumkan pada Oktober 2019. Putaran ini dipimpin oleh Global Founders Capital (GFC).
Diinisiasi oleh Dhana Galindra pada tahun 2017, startup ini memposisikan diri sebagai layanan pemenuhan online yang mengutamakan sistem crowdsourcing. Crewdible menggunakan gudang kosong atau ruko di berbagai area untuk bekerja sama sebagai mitra perusahaan.
Sejauh ini, Crewdible telah menawarkan layanan terintegrasi seperti pergudangan, pengemasan, dan pengiriman melalui kurir. Semua aktivitas tersebut berlangsung dalam sebuah aplikasi yang dirancang untuk memudahkan pemilik bisnis online dalam melakukan transaksi bisnisnya.
Hal ini memungkinkan para pebisnis untuk lebih fokus mengembangkan bisnisnya karena urusan operasional, mulai dari pergudangan, pengemasan hingga pengiriman, ditangani secara otomatis dan profesional oleh tim Crewdible. Selain nyaman, para pelaku bisnis dapat menekan biaya operasional hingga 30% lebih hemat.
Visi perusahaan adalah menciptakan ekosistem yang terintegrasi untuk memudahkan setiap orang memulai dan mengembangkan bisnisnya secara berkelanjutan. Dan misinya adalah memberdayakan dan mengembangkan mitra dalam memberikan layanan pemenuhan terbaik untuk berbagai bisnis e-commerce dan UKM di seluruh Indonesia.
Berdasarkan informasi yang diberikan perusahaan, tahun lalu ada lebih dari 7.000 penjual online yang bergabung dan menyelesaikan 6,64 juta transaksi penjual/pelanggan dengan lebih dari 97.000 SKU terverifikasi.
Selanjutnya ada 43 merek dengan 85 toko yang menggunakan layanan manajemen Crewdible, memiliki 116 mitra gudang, 35 mitra cold storage dan menampilkan fitur baru OMS (Order Management System) dan WMS (Warehouse Management System). Terakhir, perusahaan memiliki cabang lain di Surabaya dan Bandung.
Dalam hal monetisasi, Crewdible memiliki tiga kategori gudang yaitu Basic, Standard dan Pro. Setiap kategori memiliki kepatuhan biaya yang berbeda antara lain: 2,9%, 3,8% dan 4,5%. Ketiga kategori ini dapat dipilih oleh para pebisnis sesuai dengan kebutuhan dan kubu mereka.
Selain pengadaan, perusahaan kini memberikan dukungan layanan pemasaran berupa layanan foto produk, layanan manajemen online dan layanan lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.
Sumber :