Tokopedia kemarin mengungkap beberapa hal menarik seputar tren belanja masyarakat Indonesia di kuartal II 2022. Apa yang paling diminati selama periode tersebut?
Tokopedia: Tren Belanja Indonesia di Q2 2022
“Tokopedia menemukan bahwa kesehatan, makanan dan minuman (Makmin), rumah tangga, perawatan pribadi, dan mobil termasuk dalam kategori yang paling dicari oleh masyarakat Indonesia pada kuartal kedua tahun 2022,” kata kepala komunikasi eksternal Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.
Baca juga:
– Mabar saat liburan sekolah, Tokopedia menawarkan kupon game online ini
– Tren jual beli produk rumah tangga secara online di Tokopedia
– Fitur Baru Tokopedia untuk iOS, Bisa Belanja Online Bareng
– Maksimalkan Dilayani Tokopedia, UMKM Lokal Masuk Pasar Nasional
Pada kategori kesehatan, produk yang paling laris antara lain tisu, masker kesehatan
, dan obat-obatan herbal. Pada kategori Makmin, buah, susu bubuk, dan minyak goreng termasuk produk yang paling laris.
Pada kategori rumah tangga, beberapa produk yang paling banyak dicari adalah bibit tanaman, sprei dan selimut, serta gantungan baju.
Sedangkan untuk kategori perawatan tubuh, parfum dan cologne, body lotion, vitamin dan serum rambut merupakan salah satu produk yang banyak diminati masyarakat.
Di sisi lain, produk lampu sepeda motor dan mobil, aksesoris bodi sepeda motor
, serta radiator dan suku cadang mobil merupakan beberapa produk terlaris di kategori otomotif.
“Kami juga melihat insight menarik lainnya dari perilaku belanja masyarakat. Misalnya, Tokopedia menemukan pengiriman terjauh di Tokopedia pada Q2 2022 adalah dari Karawang ke Ternate, ”tambah Ekhel.
Didukung oleh GliaStudio
aplikasi tokopedia. (Dok.Tokopedia)
aplikasi tokopedia. (Dok.Tokopedia)
Tren belanja ini didorong oleh berbagai inisiatif seperti Tokopedia Peduli Sehat yang bekerja sama dengan penggiat bisnis industri kesehatan, Tokopedia NOW! yang membantu orang untuk memenuhi produk sehari-hari dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.
Juga Tokopedia Nyam! yang menawarkan berbagai produk makmin dari UMKM lokal.
Ada juga Home Living SALEbrations, kampanye terbesar dalam kategori rumah tangga, dan Cantik Fest, kampanye yang mencakup kebutuhan berbagai produk mulai dari kecantikan, rumah tangga, fashion hingga perlengkapan olahraga.
Tak ketinggalan Tokopedia Garage yang menawarkan beragam kebutuhan kendaraan pilihan untuk menjaga performa kendaraan.
Sebagai bentuk dukungan kepada UMKM lokal di seluruh Indonesia, Tokopedia terus mengintensifkan inisiatif Hyperlocal, yang menggunakan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, seperti melalui digitalisasi pasar tradisional dan Koleksi Toko Pilihan (KTP). Kampanye.
Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia melihat beberapa tren di Q2 2022 dibandingkan periode yang sama di 2021:
Wilayah dengan peningkatan jumlah penjual tertinggi: Manado, Balikpapan dan Denpasar.
Wilayah dengan peningkatan pembeli tertinggi: Padang, Palu dan Brebes.
Wilayah dengan pertumbuhan transaksi tertinggi: Balikpapan, Palu dan Manado.
“Tokopedia akan terus berupaya untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus mendukung pertumbuhan pelaku UMKM lokal untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional,” tutup Ekhel.
Baca Juga :